Minggu, 15 September 2019

tugas pa sajid

1. Jelaskan Pengertian Segmentasi Pasar, dan sebutkan tujuan    dilakukannya segmentasi pasar oleh perusahaan
  =Segmentasi pasar adalah strategi suatu perusahaan untuk mengenal minat dan kebutuhan konsumen di suatu market yang kemudian menciptakan produk baru (product diversification) yang sesuai dengan minat dan kebutuhan konsumen tersebut.
     Tujuan :
1. Memudahkan Dalam Membedakan Pasar
2. Pelayanan Konsumen Menjadi Lebih Baik                                                                                        3. Strategi Pemasaran Lebih terarah
4. Mengenal Kompetitor dengan Segmen yang Sama                                                                          5. Evaluasi Target dan Rencana Bisnis


 2. Dalam melakukan segmentasi pasar harus memenuhi kriteria sbb:  
   a. Measurable 
   b. subtantial    
   c. Accesible   
   d. Diferentiable   
  Jelaskan dengan singkat dan jelas masing-masing kriteria tersebut
=

1. Measurable (Terukur)

Segmen pasar harus diukur berdasarkan nilai atau volume penjualan (yaitu jumlah pelanggan dalam segmen ini). Riset pasar yang andal harus mampu mengidentifikasi ukuran segmen pasar hingga tingkat akurasi yang masuk akal, sehingga ahli strategi kemudian dapat memutuskan apakah, bagaimana, dan sejauh mana mereka harus memfokuskan upaya mereka pada pemasaran ke segmen ini.

2. Substantial (Substansial)

Sederhananya, tidak akan ada gunanya membuang anggaran pemasaran dalam pasar yang tidak cukup besar, atau memiliki daya beli negatif. Segmen pasar yang layak adalah dari kelompok yang homogen dengan karakteristik yang jelas seperti kelompok usia, latar belakang sosio-ekonomi dan persepsi merek. Hal yang “musiman” juga penting di sini. Tidak ada ahli segmentasi pasar yang akan merekomendasikan untuk fokus pada kelompok pelanggan yang tidak stabil yang kemungkinan akan bubar, satu atau dua tahun.

3. Accessible (Dapat diakses)

Ketika melakukan riset terhadap segmen pasar, penting untuk mempertimbangkan bagaimana audiens  dapat mengakses informasi tersebut. Lalu, Anda juga harus mengenal kekuatan dan kemampuan departemen pemasaran perusahaan Anda.  Mungkin ada segmen yang efektif menanggapi iklan outdoor lebih baik seperti baliho atau papan reklame. Namun ada pula segmen yang lebih suka menanggapi informasi melalui kampanye media sosial,  iklan televisi, atau sejumlah pendekatan lainnya.

4. Differentiable (Dapat dibedakan)

Segmen pasar yang ideal di sisi internal harus homogen, (semua pelanggan di dalam segmen memiliki preferensi dan karakteristik yang sama), namun secara eksternal adalah heterogen. Perbedaan antara segmen pasar harus didefinisikan dengan jelas sehingga kampanye  produk dan alat pemasaran dilaksanakan tidak tumpang tindih.

5. Actionable (Dapat ditindaklanjuti)

Segmen pasar harus memiliki nilai praktis dan  harus menyediakan data pendukung untuk posisi pemasaran atau pendekatan penjualan. Hal ini harus menjadi hasil yang mudah diukur, ideal dalam kaitannya dengan pengukuran yang ada dari segmen pasar sebagaimana didefinisikan oleh riset dalam mengeahui segmen pasar.
 3  Diantara penetapan segmentasi pasar ada yang berpedoman pada:
     a. Preferensi Pelanggan     
     b. Sensitifitas harga

  Jelaskan dengan singkat dan jelas masing-masing segmentasi  tersebut berikan contohnya. 
= a. Preferensi Konsumen adalah pilihan suka tidak suka oleh seseorang terhadap produk (barang atau jasa) yang dikonsumsi. Preferensi konsumen menunjukkan kesukaan konsumen dari berbagai pilihan produk yang ada.

b.ukuran kepekaan konsumen terhadap perubahan suatu produk jasa.

4. Jelaskan maksud pengelompokan segmentasi pasar berdasarkan    
  a. Demografis  
  b. Geografis
=a.“demografis” adalah sensus? Mendata penduduk? Ya—memang itu yang dilakukan oleh survei demografis. Kata asing itu sesungguhnya memiliki makna dan manfaat yang sangat besar jika Anda mulai mempelajari dan melakukannya.

b.Letak geografis adalah letak suatu daerah dilihat dari kenyataannya di bumi atau posisi daerah itu pada bola bumi dibandingkan dengan posisi daerah lain. Letak geografis ditentukan pula oleh segi astronomis, geologis, fisiografis dan social budaya.



 5. Jelaskan hubungan Segmentasi Pasar dengan Analis Pasar.
= Segmentasi pasar itu menganalisis karakteristik pembeli. Hasil analisis itu akan beragam dan masuk kedalam kelompok karakteristik pembeli yang berbeda-beda, maka dibutuhkan marketing yang dapat mengurus banyak bidang yaitu marketing mix.

1 komentar:

  1. Depo 20ribu bisa menang puluhan juta rupiah
    mampir di website ternama I O N Q Q
    paling diminati di Indonesia,
    di sini kami menyediakan 9 permainan dalam 1 aplikasi
    ~bandar poker
    ~bandar-Q
    ~domino99
    ~poker
    ~bandar66
    ~sakong
    ~aduQ
    ~capsa susun
    ~perang baccarat (new game)
    segera daftar dan bergabung bersama kami.Smile
    Whatshapp : +85515373217

    BalasHapus

Syarat dan Ketentuan Program Afiliasi

Program Afilasi Shopee Syarat dan Ketentuan Program Afiliasi Shopee 1. DEFINISI 1.1 “Saldo Akun” berarti Biaya Komisi yang terkumpul dan bel...